bika ambon

 Salah satu makanan khas dari daerah Indonesia adalah Bika Ambon. Bentuk makanan khas berupa kue ini dibuat dari campuran gula, telur, dan santan. Biasanya, Bika Ambon memiliki aroma harum yang begitu menyengat.

Bika Ambon adalah makanan khas dari Provinsi Sumatera Utara, khususnya daerah Medan. Aroma harum dari Bika Ambon membuatnya menjadi makanan khas atau oleh-oleh favorit, jika seseorang berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara. 

Bika Ambon adalah kue pipih berwarna kuning, yang permukaannya nampak seperti pori-pori kulit manusia. Bagian bawahnya keras, sisa dari tempaan panas didasar loyang. Bika Ambon biasa terjadi dalam bentuk potongan persegi.

Saat mendengar nama Bika Ambon, mungkin dalam benak terlintas pertanyaan, mengapa nama dan asal makanan tersebut sangat berbeda? Meski menyandang nama "Ambon", kue ini tidak berasal dari Ambon.

Kue ini kemudian dimodifikasi dengan menambahkan pengembang dari bahan nira atau tuak enau agar, sehngga berbeda dari kue Bika khas Melayu. Nama Bika Ambon memang unik. Meski terdapat kata "Ambon" pada namanya, bukan berarti kue Bika Ambon berasal dari ibukota Provinsi Maluku tersebut. 

Berbagai sumber mengatakan versi yang berbeda-beda tentang asal usul penamaan "Ambon" dalam hidangan khas Provinsi Sumatera Utara tersebut. Beberapa versi asal usul penamaan "Ambon" pada kue Bika Ambon, diantaranya adalah:

- Versi pertama mengatakan, Bika Ambon dinamai demikian karena tempat pertama, kali dijual Bika Ambon dinamai demikian karena tempat pertama kali dijual Bika Ambon adalah di simpang jalan Ambon Sei Kera, Medan.
- Versi kedua mengatakan, nama Bika Ambon berasal dari seorang warga Ambon yang merantau ke Malaysia, dengan membawa kue bika.

Comments